Tips Mencegah Anemia

Solusi Sehat / 27 December 2010

Kalangan Sendiri

Tips Mencegah Anemia

Lestari99 Official Writer
6367

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, dan mencegah anemia lebih baik daripada mencoba utnuk mengobatinya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah anemia dan dampak yang ditimbulkannya.

Mencegah anemia berarti Anda harus memiliki cukup sel darah merah dalam tubuh Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan diet yang tepat, cukup tidur dan berolahraga untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan memproduksi cukup sel darah merah untuk membuat anemia menjauh.

Cara lain untuk menghentikan terjadinya anemia adalah dengan menghindari asupan zat yang akan menyebabkan Anda mengalami anemia. Yang termasuk dalam daftar zat yang perlu Anda hindari agar tidak mengidap anemia adalah alkohol. Penyebab anemia lainnya yang mungkin ingin Anda hindari adalah kafein.

Periksakan diri Anda secara teratur kepada dokter juga akan membantu Anda terhindar dari anemia. Bila Anda mendapati diri Anda sering keluar larut malam atau kurang mendapat asupan zat besi dalam diet Anda, Anda mungkin perlu untuk melakukan tes darah untuk mendiagnosa kemungkinan adanya tanda-tanda anemia sejak dini dan membantu Anda untuk mengatasi hal ini pada tahap awal.

Saat Anda mengalami kecelakaan atau ketika bagian tubuh Anda terpotong dan terjadi pendarahan yang berlebihan, atasi pendarahan pada luka Anda sesegera mungkin. Karena pendarahan yang berlebihan dapat menyebabkan anemia akut. Merawat luka-luka ini dapat membantu mencegah terjadinya hal ini.

Mencegah kekurangan zat besi. Kurangnya asupan zat besi merupakan penyebab utama berkembangnya anemia. Untuk mencegah anemia, mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi sangatlah penting. Asupan zat besi yang tepat (buah-buahan kering, biji-bijian dan kacang-kacangan), folat (sereal, kacang-kacangan dan buah), makanan kaya vitamin C. Berhati-hatilah jangan sampai kelebihan zat besi.

Mencegah anemia selama kehamilan. Hemoglobin menurun selama masa kehamilan dan ada pengurangan sel darah merah. Untuk mencegah anemia pada wanita hamil, mengasup makanan yang kaya zat besi dan vitamin C merupakan keharusan. Makanan ini dapat diperoleh dari daging merah, buah-buahan kering, sayuran hijau seperti brokoli dan bayam.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami